Categories
Bisnis

Mengapa Irlandia?

Sejak bulan Maret kemarin, saya memanfaatkan fasilitas invoicing untuk payment iklan Facebook & Instagram.
Sebenarnya sudah ditawari sejak tahun 2019, tapi tidak saya ambil karena merasa belum butuh. Nah, pas akhir Februari tahun ini ada kejadian ngga enak, semua ATM Bank Mandiri gagal debet untuk semua payment Facebook. Akibatnya iklan pada mati, backup kartu kredit yang saya siapkan tidak mampu meng-cover tagihan Facebook karena budget iklan hariannya sudah gede banget tapi limit kartu kreditnya masih kecil, hanya puluhan juta.

Akhirnya lobby2 ke Account Manager Facebook, supaya dikasih fasilitas invoicing, So, mulailah sistem invoicing per Maret kemarin.

Nah, yang menarik, bukan sistem invoicing-nya, tapi bank untuk transfer tagihan. Tadinya saya kira bank di Singapore (karena kantor representatif Facebook Asia Tenggara berada di Singapore), eh ternyata justru transfer ke Bank of America di Dublin, sebuah kota di Irlandia. Wow!!!

Googling-googling, ketemu lah ini.. https://tirto.id/taktik-facebook-sampai-google-menghindar-pajak-tinggi-cKtV dan semua jadi berasa masuk akal.

Bagaimana dengan Anda?

Kalau dari kacamata bisnis, ya wajar aja sih..
Selisih pajak 22,5% itu gede banget loh..

Bagaimana pajak Facebook di Indonesia? wah saya ngga tahu juga tepatnya karena bukan orang pajak juga bukan orang Facebook. Yang pasti, meski transfer biaya iklan ke Irlandia, tapi tetap kena potong pajak PPh 26 senilai 20% yang dibayarkan ke pemerintah Indonesia kok.. jadi ya cukup fair lah..

Pokoknya tetap semangattt 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *