36 Jam Lebaran Serasa Meditasi

36 Jam Lebaran Serasa Meditasi

Lebaran 2022 kali ini, saya & keluarga memilih mudik ke Cilacap aja. Pertimbangan utama karena ada si kecil ‘Owais’ yang baru mau genap 5 bulan di tanggal 8 Mei nanti, kasihan kalau diajak perjalanan panjang Tangerang-Cilacap-Demak-Tangerang dalam waktu 1 pekan.Pertimbangan lain, karena ada keponakan, mas Rifqi, yang akan menikah pada 24 Juli 2022 nanti. Jadi ya sekalian aja pulangnya ke Demak pas nikahan nanti.Tapi yang tidak kalah penting adalah sengaja pingin liburan di Cilacap dengan durasi waktu yang lebih lama dari biasanya. Biar puas. Karena biasanya paling lama cuma 3 hari, itu pun jarang-jarang dan bawaannya buru-buru.

Lebaran kali ini sengaja tidak membawa buku ataupun laptop, hanya HP sebagai alat komunikasi. Ndilalah sejak nyampai kampung, H-1 lebaran, kok udah susah dapat sinyal. Jadi sempurna sekali liburannya, tanpa gangguan meski hanya WA ucapan met lebaran hhaa..

Pada malam takbir, di rumah, mati listrik, infonya sudah 2 malam ini tiap maghrib listiknya mati & nyala lagi pada tengah malam. So, kita sempatkan main ke kecamatan Kalipucang aja, tujuannya hindari gelap-gelapan di rumah, cari sinyal  buat cek CCTV rumah+kantor & socmed, juga sekalian beli roti buat perbekalan anak-anak kalau tiba-tiba lapar minta makan 😀

Praktis, malam itu adalah terakhir dapat sinyal HP. Lebaran hari pertama sama sekali putus komunikasi dengan dunia luar. Fokus lebaran aja sama saudara di kampung. Situasi tanpa sinyal dengan cuaca yang juga sering gerimis bahkan hujan, trus rumah warga yang jaraknya lumayan jauh dengan dibatasi pohon-pohon rimbun, adalah situasi sempurna untuk meditasi.

Bismillah, fokus dzikrullah..
Menata batin menghadap Ilahiy.
Sebuah kesempatan yang jarang-jarang didapatkan..

Ilahiy anta maqshudiy wa ridloka mathlubiy. A’thiniy mahabbataka wa ma’rifataka.

Siang hari kedua lebaran baru berusaha cari sinyal lagi. Setelah itu juga putus sinyal lagi hingga hari ke-4, Kamis, sinyal mulai lebih mudah didapatkan. Mungkin traffic data udah agak longgar karena lebaran udah lewat 😀🤣

*Foto si Owais lebaran di kampung Uyut Cilacap